Rider atau pebalap motor, akan selalu identik dengan hal-hal yang berkonotasi negatif. Mulai dari suara knalpot brong, kecelakaan, konsumsi miras, taruhan dan wanita malam yang kesemuanya itu seolah lekat dengan persona ‘rider’. Tapi tidak dengan Pak Abdullah, Ketua NVL-RP Macan Banger ini. Seorang 'residivis' pebalap motor liar, yang kemudian memilih menyalurkan hobi Nyareh Tretan dengan sarana motor New Vixion Lightning.

Lahir di Probolinggo tanggal 31 Juli 1976 silam, pria yang mengaku menyukai fitness dan gym ini sukses Problink wawancarai via Whatsapp. Nampak sekali tubuh kekarnya di photo profil bak preman atau anggota militer yang ‘seram’, tapi ternyata fisik bisa menipu. Beliau sangat fair, sahaja-sederhana dan mudah akrab. Berikut Problink rangkum liputannya.

Tiga hal yang menggambarkan Pak Dul (*nama panggilan beliau) apa saja?

Apanya mas? Kelebihan atau sifat? Kalau kelebihan, saya ndak ada. Tapi kalau sifat, saya ini penyabar. Satu saja ya Mas.

Pak Abdullah (paling kanan) bersama Polres Probolinggo Kota dalam acara pelopor keselamatan berkendara

Okay, jadi masa kecil Pak Dul dihabiskan dimana?

Saya waktu kecil tinggal di desa dekat perkebunan tembakau, namanya Desa Triwungan, Paiton, Kotaanyar. Sekarang saya tinggal di Jalan Sultan Agung Gang Buntu No. 42. Kalau kerjaan, saya bekerja di pelabuhan baru, TPI, di kapal balai, kira-kira baru 13 tahunan lah Mas. Itu kerjaannya di kapal selama 10 bulan baru pulang, bisa lebih.

Hal yang paling diingat ketika kecil sampai sekarang apa ya Pak?

Saya itu suka ingat masa-masa mandi di kali, bareng teman, berenang, njegur itu lho Mas. Kan airnya masih bersih.

Mengenai NVL-RP Macan Banger, apa sih motivasi atau alasan yang melatari berdirinya komunitas rider ini?

Kalau motivasi banyak Mas. Pertama, ajang nyareh tretan, cari dulur istilahnya Mas, sesama pengguna vixion. Yang kedua, menyalurkan hobi berkendara secara positif, ya seperti touring atau modifikasi sepeda motor, modif coreng istilahnya Mas. Tapi tetap taat pada aturan.

Saya kan mantan pebalap liar, pernah kecelakaan, terus tidak diperbolehkan lagi sama istri. Jadi pelampiasannya dengan mendirikan komunitas ini.

kegiatan bagi-bagi takjil selama bulan Ramadhan

Tahun berapa NVL-RP Macan Banger berdiri?

NVL-RP Macan Banger ini mulanya berkolaborasi 10 orang. Ada yang dari Ambulu, kalau sampian tahu Mas Dito Afrori di Bengkingan, perbatasan Dringu, dia juga pendiri anggota komunitas ini. Ada Agung dari Lumbang, Rizal yang sekarang kerja di pegadaian Dringu. Itu mulanya di tahun 2013, tapi kalau struktur organisasi baru terlaksana secara mantep itu tanggal 24 April 2013.

Acara kumpul pertama kali ya di pelabuhan, saya jadikan basecamp untuk kopdar wajib. Hahaha..... Ya di alun-alun, tapi sekarang di rumah saya, ya di jalan Sultan Agung itu, belakangnya PLN Cokro Mas, dekat depot jamu.

Oh ya klopaen, NVL-RP Macan Banger itu singkatan dari New Vixion Lightning – Rider Probolinggo Macan Banger, Mas. Kenapa Macan Banger? Karena New Vixion itu lambangnya macan, terus Probolinggo ini kan dulunya namanya Banger pas jaman Kerajaan Blambangan karena ada kali besar yang namanya Kali Banger dulu. Jadi lebih nampak ke-khas-annya Mas. Hehehe....

Kegiatan apa saja yang dilakukan komunitas NVL-RP Macan Banger?

Kami tiap minggu mengadakan kopdar wajib Mas, di pelabuhan Tanjung Tembaga, touring, pergi ke anniv (perayaan hari lahir komunitas motor lain), melakukan sumbangan kepada kaum dhuafa, yatim piatu, donor darah, buka bersama, dan bagi-bagi takjil.

Kalau touring itu paling jauh ya ke Bali, ke Jawa Tengah dan Jogja. Tergantung undangan komunitas lain. Yang terpenting ada perwakilan dari komunitas kami. Itu acaranya setahun sekali. Namanya Tour Club yang melibatkan 24 komunitas rider se-Jawa Timur.

Kalau kegiatan sosial biasanya di bulan puasa Mas. Tiap tahun mesti ada. Masalah pendanaannya kami dari iuran anggota tiap bulan, ada juga suntikan dari perusahaan PT Djarum di Laweyan.

Prestasi apa yang pernah diraih NVL-RP Macan Banger?

Alhamdulillah komunitas kami telah menjadi pelopor keselamatan berkendara dan lalu lintas dua kali berturut-turut tahun 2015-2016 di Watukosek untuk mewakili Polresta Kota Probolinggo. Pernah jadi ambassador Bold Rider juga dari rokok Bold.

Bersama NVL macan banger kita bisa di dampingi sahabat setia sahabat jarum. BOLD RIDER MEET UP

Posted by Abdullah Doel Ray on Sunday, 12 May 2019
Komunitas NVL-RP Macan Banger dalam Bold Experience

Harapan ke pemerintah apa saja Pak Dul?

Kalau harapannya sih sudah terkabul ya Mas. Hehe... Semenjak Pak Habib jadi walikota, dibuktikan dengan selalu diundang tiap ada kegiatan seperti halal bihalal, buka bersama walikota, grebek sahur, semua pernah kami ikuti. Intinya lebih diperhatikan lah komunitas seperti kami ini untuk ikut dalam kegiatan yang bermanfaat.

Apakah Pak Dul suka membaca buku? Tokoh Idola Pak Dul?

Wah, kalau buku saya kurang Mas. Tapi saya suka membaca berita politik, pemerintahan.

Kalau tokoh idola Pak Dul?

Idola saya itu Pak Jokowi, Bu Susi dan Pak Habib. Karena Pak Jokowi itu sabar, santai, merakyat dan pembangunan bagus, jalanan bagus jadi enak buat touring. Kalau Bu Susi itu tegas, saya pernah bertemu Bu Susi di laut Aru. Kan saya kerja di kapal. Sekarang ini kapal nelayan asing tidak berani masuk Indonesia untuk mencuri ikan berkat ketegasan Bu Susi.

Definisi kesuksesan menurut Pak Dul?

Sukses?
*Hening
Sukses itu ya keimanan, bisa biayai anak istri kuliah itu sudah sukses. Kalau bicara sukses, ya belum pernah sukses. Saya orang biasa Mas, sukses itu ya tidak kekurangan, ada uang gitu, kemana-mana enak dan mau ngapain saja bisa.

Harapan Pak Dul mengenai komunitas NVL-RP dan motor di Probolinggo ke depannya seperti apa?

Harapan saya untuk kompak selalu, jangan ugal-ugalan. Selalu cari saudara di mana saja, jangan pilih-pilih teman, kompak pokoknya.

Pesan Pak Dul ke pemuda pemudi Probolinggo?

Untuk pemuda Probolinggo untuk selalu menggunakan knalpot yg standard, selalu pakai helm, jangan ugal-ugalan di Probolinggo karena jalannya sempit. Hehe.... Selalu patuh rambu-rambu lalu lintas, cari saudara yang banyak, jangan pilah-pilah komunitas. Selalu terapkan motto “musuh gak usah dicari, nyareh tretan beih”.

Pak Abdullah bisa dihubungi di:
WA +62 822-3478-3776
FB:
Abdullah Doel Ray
NEW VIXION LIGHTNING RIDER PROBOLINGGO (MACAN BANGER)