Problink akan mengenalkan sosok pemuda yang berperan di bidang pendidikan Probolinggo. Muhammad Iqbal Faturahman,  salah satu sosok penggagas Gerakan Yuk Ngampus Probolinggo. Langkahnya untuk memberikan ruang kepada anak muda Probolinggo mengenyam Pendidikan yang lebih tinggi, karena tidak semua sekolah SMA/SMK/MA di Probolinggo mendapatkan akses informasi yang cukup tentang Perguruan Tinggi.

Iqbal Faturahman saat ini menjadi anggota KPU di Kalimantan Barat, oleh karena itu Problink hanya dapat mengobrol via Whats App. Rekan-rekan bisa menyiman dibawah ini obrolan kami.

Sebutkan 3 hal yang menggambarkan seorang Iqbal Faturahman?

Semangat, optimis dan berdiri sendiri

Di mana Iqbal menghabiskan masa kecil?

Aku sebenarnya lahir di Malang. Namun, kebanyakan aku mengalami masa kecilku di Probolinggo dan tumbuh sebagai pemuda Probolinggo.

Hal apa yang paling dikenang dari masa kecil?

Hal yang paling aku kenang ketika kecil ialah aku pernah punya tekad untuk menjadi seorang pemain bola. Tiap sore, aku dan kawan-kawan di sekitar rumahku selalu bermain bola dengan lapangan dan fasilitas seadanya: gawang dari sendal, bola plastik hingga lapangan yang selalu berpindah-pindah karena diusir oleh pemilih rumah hehe

Selain itu, saku ketika kecil suka mengkoleksi majalah Bobo. Saat itu memang majalah Bobo sedang naik daun. Tiap minggu aku selalu dibelikan majalah Bobo oleh kedua orangtuaku. Sampai orang-orang memanggilku dengan sebutan ‘bobo’

Buku apa yang dibaca Iqbal waktu kecil dan siapa penulis favoritnya?

Komik. Komik apa saja sebenarnya. Cuma komik yang paling favorit, komiknya Digimon.

Apa yang membuat Iqbal peduli akan pendidikan di Probolinggo?

Aku melihat, banyak orang-orang yang pintar dan punya potensi tapi dia tidak memiliki kesempatan yang sama seperti kita. Pendidikan itu mahal, dan tidak semua orang bias mengaksesnya. Maka dari itu, aku rasa perlu ada kelompok yang mendorong pemerintah untuk memberikan ruang yang sama kepada anak-anak muda untuk mengenyam Pendidikan yang lebih tinggi.

Gerakan Yuk Ngampus kapan berdirinya? Dan apa harapan kedepannya?

Gerakan Yuk Ngampus sendiri didirikan tanggal 6 Februari 2016. Umurnya sekarang sudah menginjak 3 tahun. Gerakan Yuk Ngampus ini dibuat untuk bisa membuka peluang bagi mereka yang aku bilang tadi tidak memiliki kesempatan yang sama. Setidaknya, kita mulai dari treatment dan kultur serta pemahaman kepada masyarakat terlebih dahulu bahwa Pendidikan itu penting dan prioritas.

Peretemuan Awal Untuk Rekruitmen Anggota

Apa saja kegiatannya? Dan berapa jumlah anggotanya?

Kegiatan pokok dari GYN sebenarnya adalah aksi. Dengan kita datang langsung ke sekolah yang termasuk pada kriteria yang sudah kita tentukan (minim akses dan pengetahuan tentang perguruan tinggi), memberika arahan dan bimbingan hingga maintenance terhadap keberlangsungan sekolah iotu hingga pendaftaran perguruan tinggi. Selain itu juga kita punya berbagai kegiatan lain yang ada kaitannya dengan Pendidikan, seperti talk show masalah perguruan tinggi, pembanungan rumah baca di Desa Opo-Opo hingga event-event besar seperti Probolinggo Campus Carnival, Sharing Session, Hingga Tryout SBMPTN gratis.

Anggotanya sendiri ada sekitar enam puluh orang. Tapi simpatisan dan orang-orang luar yang ikut kegiatan kita juga banyak.

Bagaimana dukungan dari dinas terkait atau pemerintah daerah?

Kami berusaha untuk berkomunikasi dengan dinas Pendidikan setempat, walaupun masih belum ada respon yang baik tapi kami tetap berusaha. Tapi Ada instansi lain seperti perpustakaan daerah yang selalu bekerjasama dengan kami dalam beberapa hal. Selain itu kami juga mediasi dengan dinas PUPR terkait dengan pembangunan jembatan di desa Opo-Opo

Hal yang paling diingat dari 3 tahun berdirinya GYN?

Yang selalu terbayang dari GYN adalah kekeluargaannya. Dimanapun kita ada, disitulah ada GYN. Mau pergi ke Malang, ke Jember, Surabaya ataupun cuma di dalam kabupaten seperti Kraksaan atau Leces. Perjuangan bareng-bareng untuk bisa menyelenggarakan event dengan dana minim itu udah biasa bagi GYN. Haha tapi itulah, rasa kangennya ada disitu.

Menurut Iqbal, apa definisi keberhasilan? Dan sejauh in apa keberhasilan yang paling berkesan? Kenapa?

Keberhasilan itu ada suatu capaian yang bisa membuat kita merasa bahagia dengan hal tersebut. Salah satu keberhasilan yang pernah aku raih adalah ketika aku berhasil menyelesaikan kuliah, dan ketika wisuda disitu terlihat wajah kedua orangtua aku yang begitu bangga pada anaknya. Dan atas capaian itu, aku merasa sangat bahagia.

Harapan Iqbal kepada generasi muda Probolinggo?

Ada dua harapan besar aku buat pemuda Probolinggo yang menurut aku ini merupakan salah satu kunci keberhasilan. Pertama, teruslah optimis dan jangan mudah putus asa. Gagal, bangkit lagi. Gagal, bangkit lagi. Pokoknya optimis terus, yakin sama diri sendiri. Kedua, jangan banyak omong dan berkaryalah. Jangan kebanyakan mencibir sana, mencibir sini dan melakukan hal yang nggak penting. Berkaryalah. Berbuatlah sesuatu sesuai dengan passion yang kamu punya. Buktikan identitas dan kebanggaanmu melalui karya itu.