Saat orang lain malu untuk bicara di depan banyak orang, Kristalenta justru ceriwis dan nggak bisa diam. Usut punya usut, kabarnya sejak SMP, pria yang lebih akrab dipanggil Makcis atau Ucis ini sudah mengembangkan bakat komunikasinya sebagai master of ceremony (MC). Aku mending disuruh ngemsi ketimbang duduk diam dan membaca buku, katanya pada Problink.

Ya, bagi Kristalenta, MC adalah energi hidup yang menggema dan mampu mengguncang dunia. Wah, keren ya! Dan... siap-siap aja nanti hati kalian yang terguncang. Hahahaha.

Nah, untuk mengenal pria (yang sebenernya) multi-talenta ini, silahkan simak obrolan Problink dengannya~

Sebutkan 3 hal yang menggambarkan sosok Kristalenta!

Secara garis besar aku gak bisa diam, cerewet dan penggoda. Mangkannya sama temen-temen gereja dipanggil 'perempuan Samaria'. Hahaha.

Perempuan Samaria?

Ya, di alkitab ada sebuah kisah. Mengenai perempuan Samaria yang bertemu Yesus di bibir sumur. Perempuan ini tidak jujur. Sebenarnya dia memiliki 4 suami di rumah yang menurut penafsiran bebas temen-temen, dia masih ingin menggoda Yesus. Hahahaha.

Oalah... Oia, di mana sebenarnya Kristalenta menghabiskan masa kecil?

Aku lahir di Sampit, Kalimantan Tengah. Saat usia 8 bulan, orang tua pindah ke Probolinggo. Akhirnya menghabiskan masa kecil dan besar di Probolinggo.

Hal apa yang dikenang dari masa kecil?

Banyak sih, tapi yang paling aku ingat, sejak masuk TK sudah tampil bernyanyi di berbagai panggung dan berbagai acara. Jadi, kayaknya kalo untuk pe-de, udah ga usah disuruh-suruh lagi. Ajaran pe-de'nya udah mendarah daging sejak kecil. Hehehe.

Hahahaha. Trus, apa yang memotivasi Kristalenta terjun ke dunia MC?

Mmmm... dari kecil aku tuh orangnya senang ngisi acara di panggung. Baik menyanyi maupun menjadi pembawa acara. Dan aku cerewet, gak bisa diam. Meski bergiat di Komunlis (Komunitas Menulis, red.), sebenernya duduk, diam dan baca buku tuh bukan aku banget. Aku lebih bisa dibilang kutu loncat ketimbang kutu buku. Hahaha.

Sejak kapan?

Pertama kali  terjun ke dunia MC sejak SMP. Sekitar tahun 92. Nah, berawal dari acara-acara sekolah di SMPN 1 itulah yang akhirnya kecanduan deh sampai sekarang...

Mmm... menurut Kristalenta, bagaimana sih potensi MC di Probolinggo?

Potensi MC di Probolinggo cukup bagus dan mulai banyak yang berkembang. Namun, kurasa perlu ditingkatkan. Catatannya sih, menjadi MC itu tidak mudah, harus banyak belajar dan berproses untuk memiliki kualitas MC yang baik.

Bagaimana Probolinggo mempengaruhi karier seorang Kristalenta?

Dimana pun kita berada pasti daerah itu berpengaruh dalam berkarya. Sebab itu menjadi tempat memulai, berproses, berkembang, dan menjadi wadah untuk berkarya.

Buku  apa yang Kristalenta baca saat kecil?

Aku nggak suka baca buku. Aku cuma baca buku Harry Potter. Dan itu pun sudah dewasa. Hehehe.

Siapa penulis idolamu?

Belum ada sih. Seperti yang kubilang, paling mentok aku tuh baca buku Harry Potter.

Apa sih definisi keberhasilan menurut Kristalenta? Terus apa prestasi terbesar seorang Kristalenta sejauh ini?

Menurutku keberhasilan adalah sesuatu yang tidak bisa dinilai dengan materi. Melainkan kepuasaan hati, kenyamanan, dan kebanggaan. Ketika aku bisa membagikan keahlianku kepada orang di sekitar yang membutuhkan dan membuat mereka berhasil juga definisi kebehasilan.

Apa sih harapan Kristalenta pada generasi muda di Probolinggo?

Janganlah berhenti berkarya sesuai dengan kemampuan dan minatmu. Bagikan apa yang kamu dapatkan dan kamu raih. Kelak, keberhasilanmu membawa keberhasilan bagi orang lain dan semesta senantiasa mendukungmu berbuat baik.