Ngafe bareng temen akan makin lengkap rasanya dengan iringan musik akustik. Nah, malam Minggu kemarin, Problink jadi betah deh kongkow berjam-jam di Z-cafe karena begitu menikmati lagu-lagu akustik yang dibawakan oleh seorang vokalis perempuan. Turun dari panggung, ga pake lama, langsung deh Problink temui cewek cantik tersebut dan mengajaknya berkenalan.

Penampilan Yasinta saat tampil di Z-cafe

Namanya Yasinta Rizki Permatasari. Dan... dari hasil gercep tersebut, ternyata Yasinta bukan hanya seorang vokalis yang tampil dari panggung ke panggung melainkan juga seorang aktivis perempuan yang tidak gentar turun ke jalan.

Penasaran? Yuk, mengenal Yasinta lebih jauh!

Sebutkan tiga hal yang menggambarkan seorang Yasinta?

Suka tantangan dan berusaha untuk bisa beradaptasi dan menyesuaikan. Tidak suka ribet dan dibikin panjang lebar. Berani mengambil keputusan dan bertanggung jawab atas keputusan yang sudah diambil.

Di mana Yasinta menghabiskan masa kecil?

Di Probolinggo, tepatnya di Leces.

Hal apa yang paling di kenang dari masa kecil?

Banyak. Bermain dan berpetualang ke manapun bersama teman-teman kecil sesuka hati walaupun pulang-pulangnya dimarahin orang tua. Tapi senengnya, meski dimarahi, bisa lho kami saling membela satu sama lain atas 'dosa-dosa' yang kami lakukan. Hahahaha. Kesetiakawanan temen-temen di masa kecil itulah yang sangat dikenang. Selain itu, orang tua mengajarkan arti kedisiplinan dan tanggung jawab. Mereka pun tidak lantas menuruti semua kemauanku apabila tidak benar-benar bermanfaat.

Menyanyi dari kapan?

Aku suka menyanyi sih dari kecil dan baru sering manggung waktu awal masuk kuliah.

Selain manggung apa lagi kesibukan Yasinta?

Hmmm... tentunya kuliah. Aku juga aktif di organisasi internal kampus dan juga organisasi pergerakan di luar kampus, GMNI (Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia).

Wah keren, bisa dibilang seorang aktivis dong?

Ya, begitulah. Karena memang lingkunganku yang menuntut menyuarakan aspirasi mereka.

Sebagai seorang perempuan, kenapa memilih menjadi vokalis dan juga aktivis?

Sebagai perempuan aku memilih menjadi vokalis karena memang suka bernyanyi dari kecil. Sedangkan memilih sebagai aktivis karena ingin membela kebenaran, meyakinkan kebenaran, dan memastikan kebenaran. Meskipun sebenarnya banyak sekali yang mengucilkan, karena aku seorang perempuan. Tapi aku mengabaikannya karena karena aku merasa memperjuangkan masa depan negaraku. Apapun akan aku lakukan asalkan itu untuk kebenaran dan kebaikan kedepannya.

Kalau disuruh milih vokalis atau aktivis, Yasinta pilih yang mana? Dan apa alasannya?

InsyaAllah aku lebih memilih menjadi aktivis. Tapi disitulah aku akan memadukan keduanya yaitu menyampaikan pesan-pesan, kritikan, akan keadaan yang terjadi dalam sebuah lagu yang aku bawakan pada saat undangan perform.

Aksi damai Yasinta bersama teman-temannya~

Menurut Yasinta, bagaimana potensi seni musik di Probolinggo?

Cukup bagus. Sepertinya seni musik Probolinggo kembali menggema, setelah cukup lama musisi-musisi lokal yang terdahulu vakum dan memilih kesibukan lain, perlahan bergiat lagi. Saat ini, generasi musisi-musisi lokal Probolinggo mulai bersinergi dan solid untuk saling mengapresiasi potensi-potensi yang sudah dimiliki, serta terus berkarya untuk menembus kancah nasional atau bahkan internasional.

Bagaimana pengaruh Probolinggo terhadap Yasinta berkaya?

Probolinggo selalau memberikan ruang untukku berkarya.

Buku apa yang dibaca Yasinta waktu kecil?

Buku legenda-legenda zaman dahulu yang tipis dan biasanya dijual di tempat mainan. Harganya dua ratus rupiah satu buku. Koleksi bukuku cerita Malin Kundang, Siksa Neraka serta kisah nabi. Tapi sekarang sudah banyak yang hilang.

Kalau boleh tahu siapa penyanyi atau penulis favoritnya Yasinta?

Penyanyi favorit, aku suka dengan  karakter Agnes Mo dan  Raisa. Kalau penulis favorit asli Probolinggo, aku suka karyanya Wahyudi Bahtiar yang berisikan pesan untuk membangun daerah asal kita. Soalnya aku tidak suka baca buku-buku bergenre romance dan sejenisnya. Aku sukanya baca buku-buku tentang sejarah dan motivasi-motivasi.

Menurut Yasinta, apa definisi keberhasilan? Dan sejauh ini keberhasilan atau prestasi apa yang paling berkesan? Kenapa?

Definisi keberhasilan menurutku itu apresiasi dari orang lain atas apa yang telah kita lakukan dan menjadi kepuasan tersendiri bagi diri aku bahwa aku berhasil menjalaninya.

Sejauh ini keberhasilan yang telah aku capai adalah semenjak SMP, SMA hingga kuliah, alhamdulillah, aku mendapat beasiswa dari sekolah, dan itu meringankan beban orang tua. Hal itu tidak terlepas dari semangat, tekad dan doa-doa dari kedua orang tua. Selain itu, prestasi yang aku raih waktu di taman kanak-kanak adalah juara 3 lomba lukis, waktu di sekolah dasar juara 1 menyanyi dan waktu SMA aku menjuarai lomba membuat aransemen.

Apa harapan Yasinta pada generasi muda di Probolinggo?

Harapanku untuk generasi muda di Probolinggo... rendah hatilah pada siapapun, dan juga kesadaran diri akan apapun yang terjadi, karena itu penting sebelum kita menyalahkan apa yang telah menyakiti kita dan menimpa kita. Setidaknya kita bercermin dulu akan apa yang telah membuatnya melakukan hal tersebut pada kita. Ujian, hinaan, celaan, godaan pasti akan datang kapan pun dan dimana pun, tergantung kita bagaimana menghadapinya. Apakah ke depannya akan berlarut dan termenung terus memikirkannya atau bangkit dan memperbaiki diri